Makanan Khas Tanjungpinang

 Hallo semuanya balik lagi di blog saya,pada blog ini saya akan memberikan rekomendasi maknan yang ada di tanjungpinang,nah sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit tentang kota Tanjungpinang


Daftar Terbaru Wisma Murah & Recommended di Tanjung Pinang ...

Tanjungpinang,merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau dengan mayoritas Suku Melayu sebagai penghuninya. Kota ini memiliki pelabuhan domestik dan internasional, yakni Pelabuhan Sri Bintan Pura dan juga bandara internasional yakni Bandara Raja Haji Fisabilillah. Selain itu, kota ini juga cukup banyak memiliki obyek wisata menarik yang menantimu. Seperti Pantai Penyengat, Vihara Cina, Hutan Bakai Sei Carang, dan sebagainya. 

Nah disini saya tidak membahas tentang wisata yang ada diTanjungpinang,disini saya akan membahas tentang Food Street yang ada di tanjung pinang,kenapa saya membahas food streetnya,karena makanan yang berada di Tanjungpinang sangat enak

Berikut ini beberapa kuliner khas Tanjung Pinang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana.

1. Gonggong

Pengalaman Makan Gong Gong di Bintan: Penasaran Seperti Apa ...

Gonggong adalah sejenis kerang yang hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatera, khususnya di Tanjung Pinang. Bentuknya seperti siput, dengan cangkang berwarna putih. Biasanya gonggong diolah hanya dengan cara direbus. Gonggong yang sudah matang lalu dimakan dengan dicocol ke sambal spesial.

Rasa gonggong agak manis, dagingnya yang kenyal memberikan sensasi yang menarik. Saat memakan gonggong harus hati-hati. Pasalnya terdapat sejenis kuku yang dijadikan alat kita mengambil daging gonggong dari cangkangnya. Kuku ini berbentuk seperti ekor udang, keras dan tidak bisa dimakan.


2. Otak-Otak

Oleh-Oleh Dari Ibu Saya: Otak-Otak Ikan Asli Tanjung Pinang | Just ...

Otak-otak khas Tanjung Pinang berbeda dengan otak-otak lainnya. Memiliki tiga macam varian pada umumnya, yaitu otak-otak original dengan daging ikan saja, otak-otak pedas yang berwarna merah, dan otak-otak pedas dengan campuran daging sotong.


3. Bingke Kembang

14 Kuliner Pontianak yang Terkenal dengan Kelezatannya

Kue bingke kembang ini cukup unik, memiliki bentuk seperti bunga (kembang) yang kemudian dipotong segitiga layaknya kue. Warnanya hijau dengan wangi pandan yang cukup kuat. Rasanya manis dan gurih, teksturnya sangat lembut cenderung seperti kue lumpur.


4. Luti Gedang

Luti Gendang, Kuliner Khas Anambas - Balai Pelestarian Nilai ...

Bentuknya seperti combro dan misro khas Sunda. Berwarna coklat dengan bentuk bulat lonjong. Luti gendang merupakan semacam roti yang diisi dengan abon ikan.

 Rasanya nikmat, gurih dengan sedikit manis. Rotinya sangat lembut berpadu dengan gurihnya abon ikan yang cukup banyak di dalamnya. Baca juga: Melihat Pembuatan Kecap Nomor 1 di Tanjung Pinang Luti gendang bisa kamu temukan di hampir setiap warung makan di Tanjung Pinang.

 Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp 2.500 per buahnya. Jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh juga bisa, dengan membeli luti gendang yang belum digoreng. Jenis ini bisa kamu simpan sampai beberapa minggu di kulkas dan tidak akan basi.


5. Deram Deram

5 Camilan Tanjungpinang yang Wajib Kamu Cobain! - Pinang Paleo

Kue deram-deram ini sekilas seperti kue cincin khas Betawi, hanya berukuran lebih kecil. Warnanya coklat berbentuk seperti donat. Rasanya sendiri mirip dengan kue cincin, manis dan legit di lidah. Bahan pembuatannya menggunakan tepung beras yang dicampur gula merah.


6.Mi Lendir

Resep Membuat Mi Lendir, Kuliner Khas Melayu Riau yang Lamak Nian

Mie lendir merupakan salah satu makanan khas dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Mie Lendir tersebut memiliki kuah yang kental berwarna cokelat, kuah ini dicampurkan beberapa bahan seperti kacang tanah dan ubi jalar yang menjadi bahan dasar pada kuahnya. Mie Lendir ini sama halnya dengan mie biasa, yaitu mie kuning


7. Es Laksamana Mengamuk

Resep Es Laksamana Mengamuk Segar - Lifestyle Fimela.com


8. Kopi Sekanak

Dapoer Melayu Tanjungpinang, Minum Kopi Sekanak Dilatari Filosofi ...

Kopi Sekanak merupakan varian kopi khas Tanjung Pinang yang hanya bisa ditemukan di sana saja. Kopi yang dicampur dengan berbagai macam rempah,

 menghasilkan rasa yang unik. Sedikit hangat dengan sejuta manfaat. Baca juga: Nongkrong di Loko Coffee Shop, Kedai Kopi Dekat Stasiun Bandung Ada tiga jenis kopi rempah, yaitu kopi tujuh rempah, sembilan rempah, dan 11 rempah. Masing-masing punya khasiat yang unik. 

Cara minumnya pun unik, kopi sekanak hanya menggunakan susu kambing dan madu untuk pemanis. Lalu kopi diaduk menggunakan batang kayu manis hingga rata, dan baru diminum.


Komentar